Inilah Sejarah Vespa Piaggio dan Perkembangan Model Vespa Klasik ke Modern
Sejarah Vespa Berawal dari Pabrik Pesawat Terbang
Pasti
Anda tahu Piaggio, sebuah perusahaan asal Italia yang memproduksi motor Vespa.
Piaggio didirikan oleh Rinaldo Piaggio pada tahun 1884 di Genoa. Pada awalnya
pabrik Piaggio hanya memproduksi kapal pesiar mewah. Namun, seiring berjalannya
waktu, Piaggio juga memproduksi lokomotif dan gerbong kereta api, mobil vans,
trem, dan body karoseri truk. Perang Dunia ke I berpengaruh juga pada
perkembangan Piaggio yang memproduksi pesawat terbang. Pada tahun 1917 Piaggio
membangun pabrik di Pisa tepatnya di Pontedera dan menjadi pusat produksi
pesawat (propellers, mesin pesawat, dan aircraft) hingga setelah Perang Dunia
II lahirnya produk otomotif yang fenomenal yaitu Vespa.
Sejarah Vespa Piaggio |
Perang
Dunia ke II menjadikan perekonomian Italia sangat terpuruk. Hal ini juga
berimbas pada Piaggio. Bahkan pabrik pesawat yang ada di Pontedera dan Pisa
dibom oleh pasukan sekutu. Walaupun pabriknya sudah hancur dibom, perusahaan
ini tidak berhenti saat itu. Enrico Piaggio anak Rinaldo Piaggio yang akhirnya
melanjutkan perusahaan ini. Enrico Piaggio memutuskan untuk menghentikan
produksi pesawat terbang dan beralih memproduksi alat transportasi yang
dibutuhkan oleh masyarakat Italia dengan harga terjangkau.
Photo credit (Prototype Vespa MP5/Paperino) |
Enrico Piaggio
menggandeng insinyur ahli pembuat pesawat, Corradino D’Ascanio untuk membuat
desain sebuah kendaraan bermotor yang inovatif. Akhrinya terciptalah sebuah
prototype Vespa yang diberi nama MP5 atau lebih dikenal oleh orang Italia
dengan sebutan Paperino (artinya Donald Bebek) karena bentuknya yang seperti
bebek. Namun, Enrico Piaggio tidak suka dengan model vespa MP5 dan meminta
Corradino D’Ascano untuk memodifikasi desain model vespa MP5.
Vespa MP6 Prototipe |
Corradino
D’Ascanio sendiri tidak suka dengan desain model motor yang umum karena membuat
pakaian menjadi kotor saat mengendarainya terutama celana yang sering terkena
rantai dan mesin motor. Oleh sebab itu, dia membuat modifikasi desain kendaraan
bermotor yang nyaman dan tidak membuat kotor. Akhirnya, dia membuat motor tanpa
rantai dan mempunyai body cover pelindung di bagian depannya. Selain itu, dia
juga meletakkan perpindahan gigi di bagian handlebar (stang) dan membuat roda
depan mirip pesawat dengan satu garpu fork sehingga mudah diganti. Desain model
vespa ini diberi nama MP6 dan oleh Corradino D’Ascanio menyebutnya sebagai
Vespa (bahasa Italia artinya lebah). Model desain inilah yang akhirnya menjadi
model vespa berikutnya.
Sejarah Masuknya Vespa di Indonesia
Vespa Kongo |
Tahukah
Anda Vespa masuk di Indonesia
sejak tahun 1960. Pada waktu itu hanya PT
Danmotors Vespa Indonesia saja yang menjadi importir Vespa. Konon harga
Vespa
saat itu setara dengan harga sebuah rumah tipe sederhana. Sejak saat
itulah
Vespa menjadi kendaraan bermotor paling digemari oleh masyarakat. Namun,
seiring masuknya motor produksi Jepang seperti Honda akhirnya Vespa
tergusur. Padahal
pada awalnya harga Vespa Sprint lebih mahal daripada motor Honda CB 200.
Salah satu Vespa paling langka di Indonesia adalah Vespa Kongo yaitu
Vespa hadiah dari PBB kepada pasukan Garuda Perdamaian RI yang bertugas
di Kongo. Perbedaan Vespa Kongo ini dengan Vespa lainnya adalah plat bajanya yang lebih kuat. Vespa Kongo ini bukan buatan Italia tetapi buatan Jerman.
Model Vespa Klasik dan Model Vespa Modern Sekarang
Pada
awal-awal pembuatan Vespa hanya mempunyai kapasitas mesin sebesar 98 cc dan
kecepatan hanya sekitar 65 – 75 km/jam. Seiring berjalannya waktu Vespa terus
berkembang, hingga tahun 1955 diproduksi Vespa pertama yang mempunyai kapasitas
mesin 150 cc dan mempunyai kecepatan hingga 100 km/jam adalah Vespa 150 GS.
Vespa GS (Photo credit) |
Model Vespa tidak banyak berubah sejak pertama kali dibuat, hanya pada letak
lampunya saja yang berubah yang awalnya terletak di spakbor roda depan menjadi
di bagian stang Vespa. Model Vespa yang paling banyak digemari adalah Vespa
Sprint, Vespa PX, dan Vespa Primavera. Pada tahun 1984, Piaggio pertama kali
mengeluarkan produk Vespa Matic (automatic transmission) yang disebut Vespa PK
50S Automatic.
Vespa PK 50S |
Vespa 4 tak yang pertama kali dibuat adalaha Vespa ET 125cc pada
tahun 1996 bertepatan dengan hari ulang tahunnya yang ke 50 tahun Vespa.
Vespa ET4 125 cc |
Memasuki
millennium ke-20, Piaggio membuat produk Vespa yang memenuhi standar emisi
Euro2 seperti Vespa ET, Vespa GT, Vespa GTS, Vespa PX 125, Vespa LX 150, Vespa
Sprint 125, dan Vespa Primavera.
Vespa GTS Super |
Vespa Sprint |
Vespa Primavera |
Itulah
sejarah Vespa. Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda punya kenangan istimewa
dengan kendaraan Vespa ini?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar